Tips Atasi Kecanduan Game Online Pada Anak

atasi kecanduan game online pada anak

Tips atasi kecanduan game online pada anak – Kemajuan teknologi yang ada saat ini memang tidak hanya mampu memanjakan para orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya aplikasi game online yang hadir menggantikan beragam permainan tradisional yang semakin hari semakin punah.

Parahnya lagi, ternyata game online ini sudah membuat banyak anak mengalami kecanduan. Hal yang cukup serius dari timbulnya rasa candu dari game online inilah yang terkadang banyak disepelekan oleh para orang tua.

Ketika seorang anak sudah kecanduan game online, maka anak tersebut akan bermain selama berjam-jam hingga terkadang dapat mengganggu jam belajarnya. Nah, akibat yang ditimbulkan dari rasa candu ini adalah dimana prestasi anak bisa menurun secara drastis.

Selain itu, game online juga dapat memberikan efek buruk terhadap kesehatan mental sang anak. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengetahui bagaimana cara dalam atasi kecanduan game online pada anak.

READ  Bikin Prestasi Dengan Game Membuat Grafiti Di Android

Berikan Batas

Jika anak Anda sudah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain game online, maka Anda pun harus segera bertindak tegas dengan memulihkan keseimbangan yang terjadi anatar dunia game online dengan dunia yang sebenarnya.

Mulailah memberikan durasi dalam bermain game online, hingga batasan yang jelas terkait waktu bermain dan lokasi yang digunakan untuk bermain. Jadi, anak tidak akan sewaktu-waktu meminta gadget untuk bermain game online dan tidak disetiap tempat anak melakukan hal tersebut.

Bagaimana Cara Atasi Kecanduan Game Online Pada Anak?

Ambil Gadget dan Jauhkan dari Anak

Jika pengaturan batasan tidak berjalan sesuai dengan keinginan, maka Anda bisa menjelaskan kepada anak bahwa gadget bukanlah suatu hal yang begitu penting dalam kehidupannya. Anda juga bisa mulai menyimpan gadget di tempat yang tidak diketahui anak dan tidak terjangkau oleh anak.

READ  Review Permainan Hearthstone: Heroes of Warcraft

Berbagi Gadget

Cara selanjutnya untuk atasi kecanduan game online pada anak adalah dengan metode berbagi gadget. Dimana anak akan diminta untuk berbagi gadgetnya dengan orang tua ketika bermain game online tersebut.

Hal ini tentu akan membuat sang anak merasa bahwa gadget tersebut bukan hanya miliknya saja untuk bermain game online, melainkan juga untuk berbagi dengan orang tua.

Sembunyikan Gadget

Ketika anak sudah mulai bergantung pada gadget, maka cobalah untuk menyembunyikan gadget tersebut pada tempat yang tidak bisa dijangkau dan ditemukan oleh sang anak. Setelah itu, Anda bisa mulai mengalihkan perhatiannya pada kegiatan yang lebih positif untuk membuatnya lupa akan gagdet dan game online.

Jadikan Sebuah Reward

Anda juga bisa menggunakan gadget sebagai media pemberian reward atas pencapaian yang sudah dilalui oleh sang anak. Misalnya anak mendapatkan nilai tinggi dalam ulangannya atau mendapatkan ranking 1 di kelasnya, maka Anda bisa memberikan gadget sebagai bentuk reward atas pencapaian tersebut.

READ  5 Rekomendasi Game Strategi Offline Ukuran Kecil yang Sangat Menantang

Namun perlu Anda garis bawahi, bahwa pemberian reward ini juga tidak dilakukan setiap saat dan tetap harus dengan batasan dan pengawasan orang tua.

Komunikasikan Tentang Dampak Bermain Game Online

Jika sang anak sudah mulai kritis dalam berpikir dan mulai dewasa untuk diajak berkomunikasi, maka perlu Anda tekankan dan jelaskan apa saja dampak yang ditimbulkan dari bermain game online.  Coba jelaskan pada anak efek buruk apa saja yang bisa terjadi jika anak mulai kecanduan game online ini.

Demikianlah beberapa cara untuk atasi kecanduan game online pada anak yang bisa mulai Anda terapkan dirumah. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan wawasan bagi Anda selaku orang tua untuk lebih aware terhadap perkembangan teknologi dengan pengaruhnya terhadap anak.

You May Also Like

About the Author: Admin